Navigasi Web
Mengungkap Rahasia Cangkang Telur
Hari31 #TantanganGurusiana

Mengungkap Rahasia Cangkang Telur

Siang itu kegiatan pembinaan olympiade sains kembali diadakan sesuai jadwal.. Ada beberapa anak yang kembali muncul di kelasku. Celin, Tiara, Gavin dan Mutiara.

"Huff, sedikit sekali minat untuk belajar sains," kataku lirih sehingga mereka benar-benar tidak mendengar.

"Ayoo, kita mulai..langsung sesi tanya jawab ya!" kataku kepada anak-anak itu.

"Literasi dulu, baca " Mengungkap Rahasia" dari halaman 33 sampai 37. Cari inti bacaan materi kita siang ini. Okay!"

"Siap Mom."

Selang 15 menit kemudian...

"Apa sudah selesai membaca lalu pahami isi bacaan itu?" tanyaku

Mereka hanya bengong lalu saling memberi kode. "Belum Mom, beri kami waktu sebentar lagi," jawab Tiara siswi berkacamata yang mungil dan ceriwis.

"Okaylah klau begitu, santai azaah gues," jawabku menganggap mereka sebagai teman tapi yang tahu batas. "Sambil dicermati, Mom akan menjelaskan beberapa hal terkait inti dalam bacaan itu. Yuk, mulai…"

"Yang pertama, kegunaan cangkang telur yaitu:

1. dapat dijadikan pupuk tanaman

2. mengandung banyak kalsium

3. cangkangnya dapat dijadikan pot untuk pembibitan.

Sampai sini ada yang ditanyakan?" Melihat anak didikku, terlihat jelas belum ada gambaran. Aku lalu berdiri mendekati mereka.

"Cara membuat pupuk tanaman dari cangkang telur, cangkangnya harus dicuci dahulu sampai bersih lalu jemur hingga kering, baru ditumbuk. Nah, tinggal ditaburkan saja ke atas tanah di sekitar akar tanaman." Celin mengacungkan jari telunjuknya untuk bertanya.

"Untuk apa sih, tanaman membutuhkan kalsium Mom?"

"Terima kasih pertanyaanmu Celin, bagus sekali."

"Diawal pertumbuhan kalsium berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar, itu sebabnya kenapa cangkng telur bisa dijadikan pot pembibitan juga. Kalsium merupakan unsur zat hara yang dibutuhkan dalam jumlah banyak. Jika tanaman kurang kalsium dapat diamati berkerutnya pinggiran daun tumbuhan. Bagaimana sudah jelas Celin?" tanyaku.

"Terima kasih Mom penjelasannya," sambil mengangguk.

"Ada yang bertanya lagi?"

Gavin mengangkat tangan. " Maaf mau nanya Mom."

"Yupz, silakan Gavin. Apa yang akan kamu tanyakan?" kataku.

"Kapan kita praktikkan cara membuat pupuk kompos dari cangkang telur?"

"Ohhh, kapan saja bisa, asal kalian siapkan bahan-bahan penyusunnya."

Mereka mulai riweh sendiri, saling cakap untuk tugas membawa bahan pupuk kompos. "Hmm, stop ributnya, perhatikan!" kataku melanjutkan penjelsan pembuatan pupuk kompos.

"Bahan-bahan penyusun pupuk kompos dari cangkng telur yaitu tanah, cangkang telur yang tidak perlu dibersihkan, sampah dapur, sampah kebun, tong." Mereka mendengarkan dengan antusias. "Langkah pertama siapkan tong komposnya dulu, taruh lapisan tanah yang paling bawah, lapisan sampah kebun plus cangkang telur, terus lapisan sampah dapur dan paling atas lapisan sampah kebun plus cangkang telor. Dah itu saja proses pembuatan pupuk kompos dari cangkah telur."

"Wowww Mom, kapan jadwal untuk kinerja ilmiahnya? Tak sabar aku nih," ujar Mutiara. "Tapi adakah kandungan cangkang telur lainnya Mom?"

"Ada donk Muti, kandungan lain cangkang telur yaitu kalium, magnesium, fosfor dan besi. Okay, paham Muti ?" Gadis cilik itu semakin bersemangat mengikuti penjelasan gurunya.

"Bagaimana sudah jelas semuanya?" Anak kelas 4 yang tergabung dalam kelompok sains Bio ini seperti mendapat pencerahan, serentak mengiyakan. Semula mengira cangkang telur sebagai sampah tak berguna. Wahhh, begitu banyak manfaat cangkang telur.🤗

Ckrg, 14/02/20.

Sumber : Kuarks Level 2 Edisi 07

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan
search